Kamis, 28 Mei 2015

Euro

Euro   

Sejak awal tahun 2002, sebelas negara di Eropah Barat sepakat menggunakan mata uang yang sama dengan nama Euro, sesudah melalui masa persiapan selama tiga tahun sejak awal tahun 1999. Di antara kesebelas negara tersebut termasuk Perancis, Jerman, Italia, Spanyol, Portugal dan ketiga negara Benelux. Hanya Inggeris yang sebenarnya termasuk anggota masyarakat ekonomi Eropah yang pertama, tidak mau ikut menggunakan mata uang bersama tersebut. Sekarang mata uang Euro dipergunakan di 19 negara anggota dan masih ada enam negara lagi yang masih menunggu persetujuan agar dapat bergabung. Yang masih menunggu ini di antaranya Polandia dan Rumania.

Selama berada di Perancis lebih dari sebulan, cukup menarik juga mengamati nilai uang Euro ini dan membandingkan nilainya dengan Franc Perancis mata uang sebelumnya yang pernah aku kenal dulu. Menurut catatan, ketika Euro mula-mula digunakan, nilainya setara dengan 6 - 7 Franc.  Tapi kalau diperhatikan perbandingan Euro dengan Franc tidaklah berada dalam kisaran tersebut. Ketika aku tinggal di Perancis tahun 1988, roti Perancis (baguette) harganya 2 Franc, sekarang 1.2 Euro. Tiket kereta api bawah tanah (metro) di Paris untuk satu kali jalan dulu harganya 2 Franc, sekarang 1.2 Euro.  Bensin dulu sekitar 1.6 Franc per liter (waktu harga minyak bumi 30 dollar per barrel), sekarang 1.45 Euro. Secangkir kopi di cafe dulu antara 3 sampai 4 Franc. Sekarang 2 Euro.   

Yang aku kemukakan di atas sekedar pembanding sederhana. Yang ternyata diakui oleh beberapa orang Perancis yang aku tanya. 1 Euro sekarang mungkin hanya setara dengan 2 Franc dulu, kata mereka. Hal ini mereka dapatkan berdasarkan perhitungan biaya hidup sehari-hari ketika menggunakan Franc dulu terhadap Euro sekarang. Apakah hal ini dikarenakan inflasi atau bukan tidaklah jelas bagiku.

Nilai uang itu terasa lebih menyedihkan lagi kalau kita melibatkan perhitungan dengan nilai rupiah. Tahun 1988 1 Franc setara dengan Rp 300, atau US $1 sama dengan Rp 1700. Sekarang 1 Euro adalah hampir Rp 15000. Roti Perancis atau baguette yang tahun 1988 harganya Rp 600, sekarang Rp 18,000. 30 kali lipat. Kita terperangah kalau membayar parkir 8 Euro untuk 2 jam di tempat parkir umum. Itu kan sama dengan Rp 120,000.  

Kalau dibandingkan dengan uang di negeri orang, rupiah kita memang sangat memprihatinkan nilainya.

****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar