Selasa, 25 Agustus 2015

Mie Rebus Bukan Instant

Mie Rebus Bukan Instant

Siapa yang tidak suka dengan mie? Dan ada banyak sekali macam mie yang tersedia sebagai jajanan. Baik yang sudah jadi ataupun yang harus diolah kembali. Baik yang berkelas karena namanya terlanjur dikenal orang banyak maupun yang kelas gerobak dorong. Baik yang mie instant ataupun yang perlu digodog. Ada mie bakso dan ada mie ayam. Ada mie goreng dan ada mie rebus. Banyaklah pokoknya. Akupun menyukainya. 

Namun jajan mie itu akhir-akhir ini meresahkan. Kalau membeli yang sudah jadi harus dikenali betul bahwa jajanan itu tidak salah urus. Tidak tercampur dengan bahan yang tidak halal atau tidak bersih. Karena memang banyak sekali tangan-tangan jahil yang mencampuradukkan yang haram ke dalam yang halal. Yang jorok dan kotor ke dalam yang bersih. Dan sialnya, tidak mudah mendeteksinya. Produk cepat saji alias mie instant kononnya ada yang menggunakan bahan pengawet berlebihan, yang oleh karenanya membahayakan kesehatan. Khusus mie instant ini, sekarang jenisnya terlalu banyak. Tapi rasanya jarang yang enak.

Karena adanya hal-hal meragukan dalam jajanan mie di rumahku kami lebih sering membuat sendiri mie. Bukan mie instant. Maksudnya mengolah dari mie kering (mie telor) menjadi mie goreng atau mie rebus tanpa bumbu jadi yang agak meragukan itu. Seperti mie rebus berikut ini;

Bahan-bahan:

- Satu bungkus (pak) mie telor yang terdiri dari tiga keping kering. 

- Dua gelas air

- Tiga siung bawang merah

- Satu siung bawang putih

- Tiga batang bawang daun

- dua sendok makan minyak goreng atau mentega

- Satu butir telor ayam

- 10 ekor udang basah ukuran kecil / sedang.

- Satu setengah sendok teh bubuk merica

- Garam secukupnya.

Membuatnya:

1. Rebus mie telor dengan dua gelas air. Tambahkan garam dan merica bubuk. Rebus sampai airnya mendidih lalu matikan apinya.  Biarkan mie mengembang.

2. Telor digoreng orak arik dengan menggunakan sedikit minyak goreng lalu pisahkan.

3. Udang digoreng dan dipisahkan.

4. Tumiskan bawang merah, bawang putih dan daun bawang yang sudah diiris.
5. Masukkan 2, 3 dan 4 ke dalam mie dan panaskan sekitar dua tiga menit, sambil diaduk.

Jadilah mie rebus bukan instant.

****
                                            

2 komentar: