Sabtu, 20 Juli 2013

Bulan Ramadhan Bulan Diturunkannya Al Quran

Bulan Ramadhan Bulan Diturunkannya Al Quran  

Aku menyimak sebuah pengajian di radio, tentang judul di atas. Merujuk kepada ayat Al Quran surah al Baqarah ayat 185. 'Bulan Ramadhan, bulan diturunkannya al Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan atas petunjuk-petunjuk itu  dan menjadi pembeda (antara yang haq dan yang bathil)...... (sampai akhir ayat).  

Ayat-ayat pertama, terdiri dari lima ayat surah al 'Alaq, yang diawali dengan perintah iqra' (bacalah!). Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wa sallam, ketika sedang bersendiri di sebuah gua di puncak sebuah bukit terjal, didatangi malaikat Jibril, ketika itu. Malaikat memerintahkan beliau untuk membaca. Iqra'! Berkali-kali beliau menjawab bahwa beliau tidak pandai membaca. Sampai akhirnya dibimbing oleh malaikat Jibril untuk membaca. Bacalah! Dengan nama Tuhanmu Yang Maha Mencipta. Yang telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah! Dan Tuhanmu Yang Maha Pemurah. Yang telah mengajar (manusia) menulis dengan kalam. Dan mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.   

Demikian itu perintah pertama yang diajarkan Allah kepada Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam

Sang penceramah di radio menguraikan bahwa seperti itulah Islam diajarkan pertama kali. Diawali dengan perintah membaca. Membaca ilmu yang diajarkan Allah. Tidak serta merta diperintah untuk menyembah Allah. Untuk mengabdi kepada Allah, sebagaimana inti dari ajaran tauhid, untuk mengesakan dan menyembah hanya kepada Allah. Artinya, dalam beragama Islam ini umatnya dituntut untuk berilmu terlebih dahulu. Dituntut untuk membaca, memahami sebelum melaksanakan perintah-perintah agama tersebut. Sangat keliru jika kita beragama tanpa didasari ilmu. Untuk melaksanakan ibadah yang manapun, haruslah dengan ilmunya. 

Sumber ilmu itu diletakkan Allah di dalam al Quran. Al Quran yang adalah petunjuk bagi manusia untuk menjalani kehidupan dunia dalam rangka mencari keridhaan Allah. Seperti yang dijelaskan oleh ayat 185 surah al Baqarah di atas. Allah adakan di tengah-tengah kita orang yang diberi ilmu, yang lebih memahami ajaran Islam. Kepadanya kita boleh berguru. Kita dapat bertanya. Dan orang-orang berilmu itu menerangkan segala sesuatu itu dengan merujuk kepada ayat-ayat al Quran dan sunnah Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam. Selama seorang ustadz mengajarkan agama ini dengan merujuk kepada al Quran dan sunnah itu bolehlah kita mentaatinya.

Mudah-mudahan kita mampu memahami agama ini dengan lebih baik dan sanggup pula menjalankan perintah-perintah agama dengan sebaik-baiknya.

****                              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar