Sabtu, 07 Juli 2012

Insya Allah Masih Banyak Ahli Ibadah Di Negeri Ini

Insya Allah Masih Banyak Ahli Ibadah Di Negeri Ini

Kemarin sore aku pergi ke mall Bekasi bersama istri. Berangkat jam setengah lima dari rumah melalui jalan sepanjang Kalimalang. Padahal jarak ke MM itu tidak akan sampai 10 km dari rumah. Tapi di sini jarak bukanlah ukuran. Apa lagi di hari Sabtu sore. Saat di mana trafik padat luar biasa. Pokoknya Sabtu sore, tidak akan jauh-jauh dari kondisi seperti kemarin itu. Tidak akan jauh-jauh dari kondisi macet luar biasa. Kendaraan bermotor sejak dari motor sampai truk pembawa peti kontainer berdesak-desak di jalan Kalimalang.  

Perlu waktu satu jam lebih sepuluh menit untuk sampai di mall. Sudah hampir masuk waktu maghrib. Sedikit upaca tambahan mencari tempat parkir di gedung parkir. Alhamdulillah, kami akhirnya dapat tempat. Kami bergegas menuju ke mushala di lantai basement. Aku selalu mampir shalat ke sini ketika masuk waktu, kalau sedang menemani istri berkunjung ke mall ini. Mushalanya lumayan besar dan lumayan bersih. Bisa menampung jemaah hampir seratus orang dalam lima shaf, tiga shaf untuk laki-laki dan dua shaf untuk perempuan. Ada pembatas di antara keduanya.

Kemarin sore itu, kami berdua sudah berwudhuk dari rumah. Aku bergegas masuk mushala dan ternyata orang sudah mulai shalat. Aku kebahagian tempat persis di sebelah pintu masuk, yang adalah satu-satunya tempat tersisa. Jemaah sesudahku tidak dapat tempat lagi. Mushala itu penuh.

Begitu kami selesai shalat, seseorang langsung mengumandangkan iqamat lagi. Jemaah pertama ini segera bangkit untuk memberi tempat kepada jamaah berikutnya. Dari shaf wanita istriku memberi isyarat bahwa dia baru akan ikut shalat dengan jamaah kedua ini karena sebelumnya tidak dapat tempat. Aku yang mengira jemaah berikutnya tidak akan sebanyak yang pertama, melakukan shalat ba'diyah. Masya Allah wa subhanalllah, aku terpaksa mempercepat shalat sunat itu karena tempat itu diperlukan jamaah lain.

Aku segera keluar dan menunggu istriku. Di luar masih ada serombongan besar lagi laki-laki dan perempuan yang sedang menunggu untuk masuk mushala untuk melaksanakan shalat maghrib.

Istriku terkagum-kagum melihat begitu ramainya orang shalat berjamaah di mushala itu. Akupun tidak kalah heran. Seingatku, setiap kali shalat disana, mushala itu memang selalu dipenuhi jamaah. Tapi sampai sebanyak seperti kemarin itu belum pernah aku lihat. Alhamdulillah, ternyata masih cukup banyak ahli ibadah di negeri ini. Mudah-mudahan Allah senantiasa memelihara negeri ini dari murka-Nya, dengan masih banyaknya hamba-hamba Allah yang taat, yang senantiasa memenuhi kewajibannya menyembah Allah.  

*****          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar