Rabu, 24 Oktober 2012

Semarang

Kali ini ada keperluan berkunjung ke Semarang. Ya, dengan sedikit tiba-tiba memang. Sebelum ini aku baru pernah melintas beberapa kali di kota itu dalam perjalanan darat ke Jogya dan pernah pula sekali ke Magelang. Belum pernah berhenti untuk sekedar melihat-lihat ke dalam kotanya.

Kesempatan untuk berkunjung ke sana datang hari Sabtu yang lalu. Keperluannya adalah untuk melamar, meminang calon istri seorang kemenakan. Kami berangkat hari Sabtu pagi dari rumah menuju Bandara Soeta. Jalan raya ternyata lancar pagi itu. Berangkat dari rumah jam delapan lebih untuk mendapatkan pesawat jam 11.45 terasa jadi agak boros waktu. Belum jam setengah sepuluh kami sudah sampai di bandara. Tapi memang begitulah. Perjalanan ke bandara itu lebih baik diawalkan kalau tidak ingin ketinggalan pesawat. Aku pernah punya pengalaman pahit, terlambat check in (padahal masih 40 menit sebelum pesawat berangkat), dan tiketku dianggap setengah hangus. Tidak boleh naik pesawat yang dimaksudkan dan harus membeli tiket baru untuk penerbangan berikutnya.

Rupanya penerbangan ke Semarang ini memakan waktu sekitar satu jam. Tadinya aku pikir tidak sampai selama itu. Begitu sampai, kami sudah dapat arahan agar mengambil taksi bandara untuk menuju ke hotel Grand Candi. Taksi resmi, khusus untuk mengantar penumpang pesawat dari bandara. Tanpa argometer. Tarifnya sudah ditentukan di counter khusus, tempat kita membeli karcis dan memberi tahu tujuan kita. Padahal di bandara itu berseliweran juga taksi beragometer.

Baru aku sadar bahwa Semarang yang kota pantai, ternyata mempunyai bagian kota yang berbukit-bukit. Mirip dengan Balikpapan. Di hotel Grand Candi sudah menunggu adikku (yang akan mantu, yang berangkat lebih pagi di hari yang sama). Kami pergi makan siang. Apa boleh buat, setelah berunding sana-berunding sini, bahkan melibatkan saran sopir taksi, jatuhnya ke restoran Sederhana lagi. Satu catatan penting dari kunjungan kami ke restoran ini, air minumnya sangat kentara rasa kaporit. Bahkan pada jeruk panasnya masih juga terasa. Sayang. Berarti kualitas air minum tidak begitu bagus di sini.

Siang sesudah makan kami beristirahat saja. Malamnya kami diajak makan oleh kemenakan, calon marapulai yang dulu kuliah di Semarang, makan malam di sebuah restoran yang aku lupa namanya. Sebuah restoran sea food. Kami berdelapan orang sekarang, dengan seorang kakak yang datang dengan anak + menantunya serta si calon marapulai, dari Jogya. Restoran itu terletak di lereng sebuah bukit. Ada ruangan-ruangan kecil disekat, tempat pengunjung bisa duduk lesehan. Waktu kami datang semua tempat sedang penuh terisi. Jadi harus menunggu untuk beberapa menit yang lumayan panjang.

Kami akhirnya dapat tempat sebuah kabin lesehan. Baru saja kami duduk, hujan mulai turun. Pelayan yang membawa pesanan kami beberapa belas menit kemudian harus setengah berakrobat, dipayungi, mengantar makanan.

Hujan semakin lebat saja ketika kami makan. Hidangan sea food itu bagi lidahku yang cerewet terasa biasa-biasa saja. Ketika kami sudah selesai makan, hujan belum juga berhenti. Kami duduk-duduk saja menunggu sampai suatu saat, air yang entah dari mana datangnya mulai merembes di lantai tempat kami duduk. Terpaksa semua berdiri. Lebih repot lagi karena kami datang menggunakan taksi, dan restoran itu terletak agak masuk dari jalan raya. Tidak bisa menyetop taksi langsung. Untunglah servis pelayan restoran termasuk mencarikan taksi. Tidak terlalu lama, dua buah taksi sudah datang menjemput kami.

Acara lamarannya sendiri dilakukan hari Ahad siang. Acara yang cukup khidmat, dihadiri lumayan banyak rombongan tuan rumah. Semua berjalan sangat lancar dan memuaskan. Insya Allah pesta si kemenakan akan dilangsungkan di minggu terakhir bulan Desember nanti di kota Semarang ini. Insya Allah aku tentu akan kembali lagi berkunjung ke sini.

Sore harinya kami kembali ke Jakarta. Alhamdulillah, pesawatnya tepat waktu. Pada saat azan isya kami sudah sampai kembali di Jatibening.....