Rabu, 05 Februari 2014

Seuntai Pengalaman Dalam Hidup

Seuntai Pengalaman Dalam Hidup

Kemarin aku berkunjung ke kantor Star Energy. Terhitung sejak awal Januari yang lalu aku tidak bekerja lagi, setelah hampir tiga tahun menjadi konsultan geologi di sana. Tapi aku masih punya tanggung jawab untuk memberikan lima kali lagi pelatihan tentang dasar-dasar peggunaan log listrik, yang rencananya dilakukan setiap hari Rabu. Hari Rabu minggu yang lalu pertemuan itu gagal karena macet di jalan.

Disebabkan adanya rencana lima kali pertemuan ini, aku belum berpamitan di sana. Rencanaku biar nanti saja sekalian kalau tugas-tugas itu sudah selesai. Kemarin itu aku hadir di mushala kantor di lantai dua. Mushala tempat aku ikut shalat berjamaah zuhur dan ashar. Mushala yang sangat baik dengan jumlah jamaah shalat fardhu di hari-hari biasa berpuluh-puluh orang. Taklim-taklim mingguan dan bulanan dilaksanakan dengan sangat teratur. Tiap hari Senin kami biasa pula bertadarus sesudah shalat zuhur sampai jam satu. Di bulan Ramadhan (aku melalui tiga kali bulan puasa selama bekerja di sana) ada ceramah tiap hari.

Semua itu menjadi sebuah pegalaman yang cukup berkesan.

Karena aku tidak memberitahu siapapun juga tentang sudah (hampir) berakhirnya tugasku, waktu kemarin bertemu saat shalat zuhur, banyak yang bertanya, kemana saja aku selama sebulan belakangan ini. Ada yang bertanya apakah aku mengambil cuti. Atau baru kembali dari umrah. Aku jelaskan apa adanya.

Ada pula yang bertanya bagaimana rasanya setelah tidak terikat lagi dengan rutinitas melintasi jalan-jalan yang macet? Ini bukan sesuatu yang baru bagiku. Sebelum diajak bekerja di Star Energy aku sudah menikmati masa idle selama tiga setengah tahun. Memang sih ada juga yang hilang. Waktu terjebak macet setiap pagi aku biasa mengisi waktu dengan mengulang-ulang hafalan. Dan di waktu pulang sore harinya aku biasa mendengar pengajian melalui radio. Justru di rumah kebiasaan ini terhenti.

Seuntai pegalaman sudah pula ditambahkan dalam hidupku.     

****                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar