Minggu, 28 Juni 2015

Melatih Anak-anak Berpuasa

Melatih Anak-anak Berpuasa  

Kapankah sebaiknya anak-anak mulai dilatih berpuasa? Berbeda dengan anjuran Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam yang menyuruh setiap Muslim mengajar anaknya untuk mengerjakan shalat saat mereka berusia 7 tahun, dan boleh memukul mereka seandainya di usia 10 tahun masih belum mau juga mengerjakan shalat (memukul di sini dalam batas-batas pendidikan disiplin, dan tidak boleh menyakiti). Umur berapa seorang anak mulai diajar berpuasa tidak ada peringatan beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam. 

Banyak orang tua yang juga melatih anak-anak berpuasa di usia lebih muda. Misalnya saja di usia 5 tahun. Biasanya diajar untuk berpuasa setengah hari dulu. Tergantung dari semangat dan kemampuan sang anak, lama berpuasa bisa ditingkatkan sampai waktu asar dan seterusnya. Ada orang tua yang menjanjikan hadiah kepada anak-anaknya setiap kali mereka berhasil melaksanakan puasa. Hal seperti ini boleh-boleh saja selama kepada sang anak diajarkan pula bahwa kewajiban berpuasa itu adalah atas perintah Allah. Ajarkan mereka dengan hati-hati bahwa berpuasa itu adalah ibadah kepada Allah dan kewajiban orang Islam.

Reaksi anak-anak pasti akan berbeda-beda ketika mereka disuruh puasa. Tapi dengan bimbingan orang tua secara bijak anak-anak cukup mudah untuk dilatih. Bahkan banyak anak-anak yang merasa senang dan bangga ketika mereka berhasil menjalankan puasa. 

Hamizan, cucuku dilatih uminya berpuasa sejak tahun lalu ketika dia baru berumur lima tahun. Dimulai dengan puasa setengah hari. Lalu sampai waktu asar. Dan terakhir berpuasa utuh sampai maghrib. Tahun lalu itu, ketika mereka masih tinggal di Balikpapan, Izan sanggup berpuasa lebih dari separo bulan Ramadhan. Dan dia senang. Tahun ini, karena mereka tinggal di Pau, yang waktu siangnya saat ini sangat panjang, Izan dibiarkan puasa sampai waktu asar saja yang adalah jam 6 sore. Menarik juga percakapannya dengan guru sekolahnya yang bertanya kenapa dia mesti tidak makan dan minum di siang hari. Jawab Izan, King of mankind ask me to do so. Sama uminya ditanya, kenapa bilang king of mankind? Kata Izan, itu kan malikinnaas, raja-nya manusia, yang menyuruh.  

Rafi dan Rasyid yang saat ini sudah berusia 9 tahun sudah berpuasa sebulan penuh sejak Ramadhan tahun yang lalu. Ramadhan sebelumnya sudah berpuasa juga tapi masih ada yang bolong.

Mendidik anak-anak berpuasa haruslah dilakukan dengan hati-hati. Dan yang lebih utama jelaskan kepada mereka bahwa puasa itu adalah ibadah yang diperintahkan Allah. Dengan demikian, mudah-mudahan mereka faham dan akan tetap melaksanakannya sepanjang hidupnya. 

****                                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar