Sabtu, 06 September 2014

Zulqaidah

Zulqaidah  

Bulan ke sebelas dalam penanggalan Hijriyah. Satu di antara empat bulan-bulan haram, bulan yang diistimewakan Allah. Kebetulan, dengan ketetapan Allah pada bulan itulah aku dilahirkan, dihadirkan ke dunia fana ini. 65 tahun yang lalu, di tahun 1370 Hijriyah.

65 tahun adalah usia yang sudah cukup. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mengatakan bahwa usia umat beliau berkisar antara 60 dan 70 tahun. Aku sudah berada dalam kisaran waktu itu. Artinya harus bersiap-siaplah.   

Bersiap-siap ini tentu saja juga dengan memohon pertolongan Allah Ta'ala. Memohon dengan berdoa kepada-Nya. 'Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba'da idz-hadaitanaa wa hablanaa min ladunka rahmah, innaka antal wahhab.' (Ya Rabb kami, janganlah Engkau condongkan hati kami kepada kesesatan, setelah Engkau beri petunjuk kepada kami dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi.)  

'Rabbanaa faghfir lanaa dzunuubanaa wa kaffir ‘annaa sayyiatinaa wa tawaffanaa ma’al abrar.'  (Ya Rabb kami, ampunilah bagi kami dosa-dosa kami hapuskanlah dari kami kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang banyak berbakti.) 

Dan berusaha sebaik-baiknya untuk senantiasa mematuhi perintah Allah Ta'ala. Beribadah semata-mata untuk-Nya. Dan menghindar dari hal-hal yang dilarang-Nya. 

65 tahun memang usia yang sudah katambin. Yang sudah harus diwaspadai karena hari sudah sore. Sebentar lagi matahari akan terbenam. Sangatlah perlu disadari, beratnya tanggung jawab, yang sebenar-benar tanggung jawab, sesudah perjalanan di dunia fana ini nanti berakhir.

Kepada Allah aku berserah diri, dan kepada-Nya aku memohon pertolongan dan perlindungan. Mudah-mudahan Allah menetapkan agar akhir hidupku nanti dalam keadaan husnul khaatimah. Aamiin...  

**** 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar