Jumat, 25 Maret 2011

Jum'at

Jum'at

Hari Jumat adalah hari yang dilebihkan dalam Islam. Hari yang dimuliakan dibandingkan hari-hari yang lain. Hari untuk menghadiri shalat berjamaah dan mendengarkan khutbah. Allah menyediakan banyak keutamaan untuk mereka yang berhati-hati dalam menjalankan perintah Allah di hari Jumat. Banyak hadits-hadits Rasulullah SAW yang menjelaskan tentang itu. Simaklah hadits berikut; 'Dari Abu Hurairah dia berkata; Telah bersabda Rasulullah SAW; 'Barangsiapa mandi, kemudian ia datang ke Jum'at, lalu dia shalat seberapa yang ditakdirkan untuknya, kemudian dia diam mendengarkan hingga selesai imam dari khutbahnya, kemudian dia shalat besertanya, niscaya diampuni baginya dosa yang di antaranya dan Jum'at yang lain dan lebih tiga hari.' (Riwayat Muslim).

Pada hadits yang lain beliau menjelaskan keutamaan datang paling awal, seseorang yang datang dan menempati shaf pertama, seolah-olah dia berkorban seekor unta. Tentu saja selama dia menjaga kehadirannya di mesjid semata-mata untuk beribadah tanpa mencampur-adukkan dengan kegiatan-kegiatan lain. Tidak juga untuk bercakap-cakap dengan orang lain. Tidak juga, bahkan sekedar memperingatkan orang lain untuk diam. Simaklah! 'Apabila engkau berkata kepada sahabatmu, 'diam!' pada hari Jum'at padahal imam sedang berkhutbah, maka sesungguhnya engkau telah berbuat sia-sia.' (Riwayat Ahmad).

Seorang wanita bertanya sambil protes. Kenapa hanya laki-laki saja yang menghadiri shalat Jum'at padahal perintah mengerjakan shalat Jum'at itu ditujukan kepada orang-orang yang beriman. (Surat Jumu'ah (Surat 62) ayat 9). Sebenarnya perempuan boleh-boleh saja ikut shalat Jum'at hanya tidak diwajibkan bagi mereka. Berbeda dengan laki-laki dewasa. Ini sesuai dengan hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Dawud. 'Dari Thariq bin Syihab, bahwasanya Rasulullah SAW telah bersabda; 'Jum'ah itu suatu tuntutan yang wajib atas tiap-tiap Muslim dengan berjamaah, kecuali empat: Hamba dan perempuan dan anak-anak dan orang sakit.' Dan pada hadits yang lain keringanan juga diberikan kepada mereka yang sedang dalam perjalanan alias sedang bersafar.

Sangatlah mengherankan ketika kita melihat ada orang yang bermalas-malas datang ke shalat Jum'at. Datang ketika khatib sudah hampir selesai berkhutbah. Dan bergegas pergi sesudah imam mengomandokan salam di ujung shalat. Mereka itu mungkin tidak mengerti.  

****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar