Kamis, 03 Desember 2009

Sirsak

Durian Belanda

Ada yang menyebut namanya durian belanda, ada yang menyebut sirsak. Bahasa Inggerisnya soursop. Konon buah sirsak merupakan sebuah karunia Allah yang mempunyai kemampuan menyembuhkan berbagai penyakit. Di antaranya untuk meredakan asam urat. Ini sangat penting bagiku karena aku seorang penderita asam urat.

Pernah dulu, seorang teman memberiku artikel tentang khasiat sirsak untuk meredakan asam urat. Aku minta istriku agar sering-sering membeli buah ini dan membuatkan sari buah atau juice nya. Untuk beberapa hari, istriku rajin membuatkan jus sirsak. Tapi akhirnya berhenti sendiri. Mula-mula karena sirsak tidak selalu ada dijual di pasar. Lama-lama lupa dan akhirnya jadi malas karena menyiapkan jus sirsak memang agak sedikit ribet karena harus menyisir daging buah dan memisahkannya dari biji-bijinya.

Baru-baru ini aku kembali tertarik dengan khasiat sirsak yang ramai lagi dibicarakan teman-teman. Bahkan buah sirsak katanya sangat berkhasiat untuk melawan kanker. Artinya buah ini memang punya keistimewaan. Aku kembali tertarik untuk menikmatinya. Sayangnya waktu itu (beberapa minggu yang lalu), buah itu agak susah didapatkan. Untunglah sekarang sudah kembali banyak di pasar. Tidak usah repot-repot dijus. Langsung saja dimakan mentah, ternyata enak dan segar. Khasiatnya? Entahlah. Aku baru memulainya sekitar sepuluh hari terakhir ini.



*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar