Jumat, 12 Agustus 2011

Hadits-hadits Tentang Puasa

Hadits-hadits Tentang Puasa 

'Puasa itu merupakan benteng. Maka jika salah seorang di antara kamu berpuasa, janganlah dia berkata keji dan mencaci-maki. Seandainya ada orang yang mengajaknya berkelahi atau mencaci makinya, hendaklah dikatakannya; 'Saya ini berpuasa,' dua kali. Demi Tuhan yang nyawa Muhammad berada dalam tangan-Nya, bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah dari bau kesturi, - firman-Nya - :'Ditinggalkannya makan minum dan nafsu syahwatnya karena Aku. Puasa itu adalah untuk-Ku dan Aku akan memberinya ganjaran, sedang setiap kebajikan itu akan mendapat ganjaran sepuluh kali lipat.' (Hadits riwayat Bukhari dan Abu Dawud).  

'Puasa dan Al Quran itu akan memberi syafaat bagi hamba pada hari kiamat. Berkata Puasa: 'Ya Tuhan, Engkau larang dia makan dan memuaskan syahwat di waktu siang, dan sekarang dia meminta syafaat padaku karena itu.' Dan berkata pula Al Quran; 'Engkau larang dia tidur di waktu malam, sekarang ia meminta syafaat padaku mengenai itu.' Maka syafaat kedua merekapun diterima oleh Allah.' (Hadits riwayat Ahmad dengan sanad yang sah).

'Shalat yang lima waktu, dari Jum'at ke Jumat dan dari Ramadhan ke Ramadhan, menghapuskan dosa-dosa yang terdapat di antara masing-masing selama dosa besar dijauhi.' (Hadits riwayat Muslim). 

'Siapa yang berbuka pada suatu hari dari bulan Ramadhan tanpa keringan yang diberikan Allah padanya, tiadalah akan dapat dibayar oleh puasa sepanjang masa walau dilakukannya.' (Hadits riwayat Abu Dawud).

*****                        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar