Kamis, 10 Januari 2013

Dari postingan orang.... Adab Wanita Shalihah Dalam Melayani Suami



~# ADAB WANITA SHALIHAH DALAM MELAYANI SUAMI #~
http://4.bp.blogspot.com/-MZErllqhhN8/Tv0_GP-mO9I/AAAAAAAAAFA/NlbVIifqoHM/s320/3.jpg
Di antara perkara-perkara yang harus diperhatikan bagi seorang isteri terhadap suami adalah sebagai berikut:

1. Senantiasa menjaga kehormatan diri dan harta suami, jika sang suami tidak berada di dalam rumah.

2. Senantiasa menyenangkan suami dengan akhlak yang mulia dan kasih sayang terhadap anak-anak.

3.Senantiasa bersolek dan berdandan di depan suami, agar selalu menyenangkan bila dipandang. Ia juga harus memperindah & memperlembut suaranya jika sedang bersama suami.

4. Rela dengan pemberian suami seberapa pun nilainya. Ia tidak akan menuntut suaminya dengan tuntutan yang memberatkan dirinya atau tidak sanggup dipikulnya. Rasulullah SAW bersabda: “Celakalah hamba dirham, celakalah hamba dinar, celakalah hamba perut. Bila diberi ia ridha dan bila tidak diberi ia tidak ridha. Celaka dan celaka….” (HR. Bukhari).

5. Setia kepada suami selama tidak dalam kemaksiatan.

6. Dapat meredam kemarahan suami, bersabar dengan ujian yang menimpa rumah tangga dan selalu bertawakkal kepada Allah atas setiap apa yang diusahakan.

7. Memiliki sifat zuhud terhadap dunia, tidak berambisi untuk menumpuk harta. Karena sikap ambisi kepada dunia dan harta kekayaan akan menyeret dia untuk melupakan dan meremehkan tugas dan kewajiban sebagai isteri.

8. Tidak akan membalas kejahatan dan kedzaliman suami dengan kejahatan yang serupa apalagi melebihi. Senantiasa bersabar dan tiada henti memberikan nasihat dengan cara yang ma’ruf dan penuh kasih sayang.

9. Pandai menciptakan suasana sejuk dan nyaman di dalam rumah. Senantiasa berusaha menjadikan rumah sebagai lembah yang nyaman bagi peristirahatan suami. Sehingga sang suami merasakan suasana surga di dalam rumah. Sekalipun rumah tersebut tidak memiliki fasilitas dan perlengkapan rumah tangga yang mewah.

10. Mampu menjaga harta suami dan kehormatan dirinya pada saat suami tidak ada di sisinya. Tidak akan berkhianat terhadap apa yang telah diamanatkan suami, baik mengenai diri maupun anak-anaknya.

11. Senantiasa mendoakan kebaikan bagi anak dan suami
.
12. Senantiasa menghiasi diri dengan sikap malu dan tawaddhu’, jujur dan benar, tidak berkata dusta atau bersumpah palsu. Senantiasa memenuhi janji dan nazarnya, tidak pernah mengghibah atau mencela kekurangan suami, dan selalu memohon ampunan kepada Allah atas dosa-dosa dan kesalahannya.

13. Seorang isteri shalihah senantiasa meminta maaf kepada suami, baik karena kesalahan yang remeh apalagi kesalahan yang besar. Karena sikap selalu meminta maaf akan menjadikan sang suami senantiasa senang terhadap penghormatan tersebut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar