Senin, 31 Januari 2011

Macam-macam keadaan orang sakit

Macam-macam Keadaan Orang Sakit

Seorang jamaah mesjid kami tergeletak sakit akibat stroke sejak enam bulan yang lalu. Separuh badannya lumpuh, dan dia terbaring nyaris tak berdaya. Dia sadar, mengenali orang yang mengunjunginya, tapi suaranya  lemah. Beberapa minggu di awal sakitnya dia dirawat di rumah sakit. Tapi karena tidak ada kemajuan, atas persetujuan dokter dia akhirnya dibawa pulang untuk dirawat di rumah. Waktu sehatnya, dia berpenampilan tinggi, besar dan perkasa. Sekarang tubuhnya  kurus dan lemah.

Kemarin sore kami (aku dan dua orang jamaah mesjid) mengunjunginya. Karena tadi malam dia dibawa ke Surabaya untuk mencoba pengobatan alternatif di sana. Kami mengiringinya dengan doa, mudah-mudahan Allah mengangkat penyakitnya itu.

Penyakit kadang-kadang sangat mencengangkan. Waktu aku kecil di kampung, suami dari kakak sepupu ibuku (aku memanggil beliau pak tangah) mengalami kelumpuhan separo badan akibat stroke pula selama dua puluh tahun lebih. Selama kurun waktu itu beliau tidak beranjak dari tempat tidur. Syukurnya, beliau mampu bangkit sendiri untuk duduk di tempat tidur itu. Di dekat tempat tidur diletakkan sebuah meja, penuh dengan buku-buku dan majalah. Beliau sangat rajin membaca dan menulis. Beliau berkorespondensi dengan sanak famili di perantauan melalui surat menyurat.

Ada pula mak tuo kami yang koma selama lebih dari dua tahun. Kadang-kadang matanya terbuka, tapi pandangannya kosong. Makan dan minum melalui selang yang dilewatkan melalui hidung. Tubuhnya gemuk, karena nutrisi yang diberikan dicerna dengan baik oleh tubuhnya. Dia tidak pernah sadar sampai akhirnya maut menjemputnya.

Banyak lagi cerita yang mirip aku dapatkan dari jamaah mesjid. Ada yang koma di rumah selama empat tahun lebih. Ada yang dirawat di ICU rumah sakit selama tahunan,  dalam keadaan tidak sadar, dengan tubuh dipasangi infus dan berbagai peralatan medis. 

Sekali lagi, bukankah kesehatan itu suatu nikmat Allah yang sangat berharga?

*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar