Jumat, 29 Juli 2011

Ramadhan.........

Ramadhan........

Hampir berakhir Sya'ban 1432H. Insya Allah besok, begitu matahari terbenam kita masuki bulan Ramadhan 1432H. Bulan suci tempat dan saat kita diberi Allah kesempatan untuk memperbaiki kualitas diri. Meningkatkan nilai kita di sisi Allah Subhanahu wa ta'ala. Nilai ketaqwaan. Karena yang paling mulia di antara kita, kata Allah adalah yang paling baik ketakwaannya. Innaa aqraamakum 'indallaahi atqaakum.... Alhamdulillaah....

Sudah berulang kali kita lalui Ramadhan demi Ramadhan. Allah Yang Maha Tahu sudah di tingkat mana nilai kita di sisi-Nya. Meski kita juga diingatkan Allah untuk 'menghitung-hitungnya'. Waltanzhur nafsun maa qaddamat lighad. Memperkirakan, apa saja yang sudah disiapkan setiap diri untuk hari esok....  Lalu setelah itu berusaha memperbaiki jika sekiranya nilai kita masih kurang. Karena memang.... kita yang lemah, yang serba terbatas, yang meski telah berusaha membersihkan diri di setiap Ramadhan, namun kemudian terpercik lagi dan lagi oleh keliru, oleh khilaf, oleh dosa.      

Alhamdulillaah..... kita diberi kesempatan lagi untuk membersihkan diri. Memperbaiki diri. Menguji sejauh mana nilai-nilai kepatuhan dan keberhati-hatian kita dalam beriman dan beribadah kepada Allah. Puasa itu untuk-Ku kata Allah. Dan Aku yang akan memberi balasan, firman Allah dalam sebuah hadits qudsi. Kita bersyukur diberi kesempatan ini dan berharap kiranya Allah mengizinkan kita menyelesaikan Ramadhan tahun ini sampai ke penghujungnya. Berharap kiranya Allah memberi kita hidayah dan melembutkan hati kita agar mampu khusyuk beribadah untuk-Nya. Berharap agar kiranya Allah menolong kita untuk mencapai derajat taqwa. 

Wahai Allah! Yang menunjukkan kepada kami agama-Mu yang lurus. Berilah kami kekuatan untuk beribadah kepada-Mu. Untuk mengerjakan setiap perintah-Mu. Untuk menjauhkan diri kami dari setiap larangan-Mu. Wahai Allah! Teguhkanlah iman kami kepada-Mu. Berilah kami hati yang khusyuk. Berilah kami kesabaran dan kesehatan agar kami dapat menjalankan ibadah kepada-Mu dengan baik.

Ya Allah! Kami penuh harap akan ampunan-Mu. Kami penuh harap akan ganjaran kebajikan dari-Mu, untuk akhirat kami. Ya Allah! Tunjukilah kami, lindungilah kami, mudahkanlah urusan-urusan kami di dunia dan akhirat. Ya Allah! Masukkanlah kami ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang mendapat keridhaan Engkau di dunia dan akhirat.

Marhaban ya Ramadhan........

*****
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar