Jumat, 28 Desember 2012

Qurrata a'yun

Qurrata a'yun   

Ada ceramah kemarin ba'da zuhur di tempat kerja. Yang berceramah seorang mantan pemusik rock yang berubah haluan (biasanya kita katakan karena dapat hidayah), berhijrah mencari ilmu Allah. Namanya Yuke Sumeru, seorang SAg dan MA dari PTIQ. Dia mulai belajar agama di perguruan tinggi ilmu al Quran tersebut ketika berumur 43 tahun. Sekarang dia seorang hafidz, seorang yang hafal al Quran.  Subhanallah....

Pengajiannya kemarin itu mengenai cara-cara mendekatkan diri kepada Allah. Melatih diri untuk akrab dengan perintah Allah. Membiasakan shalat di awal waktu. Membiasakan rajin membaca al Quran. Membiasakan shalat malam. Semua itu dilakukan dengan niat dan dengan taktik yang jitu. Coba mengerjakannya dengan bersungguh-sungguh untuk tiga hari pertama, lalu teruskan untuk hari-hari berikutnya, insya Allah kita akan mampu mengerjakannya kalau diniatkan sungguh-sungguh dan diusahakan memenuhi niat tersebut. 

Masih banyak bahasan sang ustad dalam ceramah selama satu jam itu, termasuk mengenai ketenangan dalam rumah tangga. Namun yang menarik bagiku adalah pembahasannya di penghujung ceramah tersebut, tentang bagaimana seharusnya adab istri terhadap suami. 

Kita diajarkan Allah untuk berdoa meminta agar diberikan pasangan (istri) yang qurrata a'yun. Yang penyejuk mata. Untuk menjadi seorang istri yang qurrata a'yun itu ternyata banyak sekali syarat-syaratnya. Namun janji Allah untuk wanita yang beriman yang menempatkan dirinya sebagai penyejuk mata suami tidak tanggung-tanggung. Wanita yang memelihara shalat dan puasanya lalu dia berbakti kepada suaminya dengan ikhlas karena Allah, nanti dia akan diizinkan masuk ke dalam surga dari pintu mana saja yang dia kehendaki. Artinya dia mendapat suatu keistimewaan di hadapan Allah. 

Tapi tugas istri untuk mendapatkan predikat calon masuk surga dari pintu mana yang dikehendakinya itu ternyata tidak mudah. Boleh dikatakan untuk kebanyakan wanita merupakan tugas berat yang tidak mudah melaksanakannya. 

Menurut ustadz Yuke ada 16 syarat yang harus dipenuhi. Tapi karena keterbatasan waktu (hal ini baru dibahas di ujung taushiyah) hanya lima hal saja yang beliau sebutkan kemarin itu. 

Yang pertama, seorang istri jangan sekali-kali memotong ucapan suami. Ini salah satu adab dalam berlaku hormat dan sopan kepada suami. Dengarkan dia berbicara, baik pembicaraan nasihat maupun pembicaran biasa. Bahkan seandainya suami sedang marah sekalipun. Hendaklah seorang istri yang baik bersabar dalam menghadapi kemarahan tersebut.

Yang kedua, jangan meninggikan suara ketika berbicara kepada suami. Berbicaralah dengan lemah lembut dan santun. Meninggikan suara saja dilarang. Apalagi sampai membentak dan memaki-maki. Perbuatan seperti itu berdosa di sisi Allah.

Yang ketiga berterima kasih dengan pemberian suami seberapa besarpun itu. Jangan sekali-kali mencerca dan merendahkan arti pemberian tersebut.

Yang keempat, seandainya ada keperluan untuk ke luar rumah (yang hanya dikerjakan dengan seizin suami), hendaklah memberitahu tempat keberadaan. Jangan sekali-kali pergi dari rumah tanpa izin suami.

Yang kelima berdandanlah hanya untuk suami. Jadi bukan untuk orang lain waktu akan pergi keluar rumah. 

Masih ada sebelas hal lai yang belum dibahas. Dari yang lima ini saja, rasanya sudah sulit menjalankannya bagi kebanyakan wanita 'moderen' sekarang. Ketika banyak wanita bersolek hanya untuk memuaskan nafsunya sendiri dan biasanya dilakukan ketika akan keluar rumah. Ketika banyak wanita bahkan berani membentak suami. Melecehkan perintah suami, tidak memperdulikan suami  dan sebagainya. Dan konsekwensinya seperti yang diingatkan Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam, penghuni  neraka itu kebanyakannya adalah kaum wanita.  

Aku masih mencari-cari apa gerangan sebelas kewajiban wanita dalam berlaku baik, untuk menjadi istri yang qurrata a'yun di hadapan suaminya.....

*****                             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar