Jumat, 04 Maret 2011

Aku Terkagum-kagum (2)

Aku Terkagum-kagum

Membalik-balik berita melalui PC tua ini, menyimak berita di 'e' koran, membaca berita Metro melalui twitter, tentang China, membuatku terkagum-kagum dan terpesona sungguhan. Republik Rakyat China, sebuah keberhasilan yang sangat menakjubkan.

China adalah negara yang punya cadangan devisa terbesar di dunia, angkanya 2.5 triliun dollar. Mereka sangat-sangat kaya karena kesungguh-sungguhan. Apa yang tidak dibuat oleh China. Mereka hebat sebenar-benar hebat dalam kemampuan teknologi apa saja. Mereka membuat kereta api tercepat. Merentang jalan kereta api mengitari negerinya. Membuat jalan bebas hambatan begitu pula. Membangun stadion, bangunan bertingkat banyak dengan efisiensi tinggi (hanya bilangan minggu untuk merakit bangunan bertingkat beberapa puluh). Mereka sedang mempertunjukkan kemajuan dan kemampuan luar biasa. Apa yang tidak bisa dibuat oleh China.

Kemajuan dan kekayaan yang berhasil dikumpulkan China memang sangat menakjubkan. Di tahun-tahun 70an mereka masih babak belur sesudah masa revolusi kebudayaan pimpinan istri Mao Zedong. Mereka dicemooh sebagai negeri tirai bambu. Negeri yang penduduknya nomor satu paling banyak di dunia dengan kesederhanaan mutlak sebuah negeri komunis. Setiap orang mengenal hanya satu corak pakaian, seperti yang dipakai ketua Mao. Seperti itu dulu, antara tiga puluh dan empat puluh tahun yang lalu.

Tapi setelah itu mereka bangkit dengan bersungguh-sungguh. Semua orang bekerja keras. Ini memang kelebihan mereka, etos kerja (paksa di bawah rezim komunis) yang sangat tinggi. Tapi kali ini lain. Kali ini bekerja untuk diperdagangkan. Mereka membuat apa saja dan menjual hasilnya kemana saja. Mereka merajai industri mainan anak-anak. Dan hasilnya laku keras. Industripun ditingkatkan hati-hati dan terarah. Perlahan tapi pasti. 

Beberapa belas tahun yang lalu orang-orang masih mencemooh ketika China membuat motor. Motor buatan China dijuluki dengan sinis sebagai mochin (motor china) yang kemampuannya jauh di belakang kemampuan motor buatan Jepang. Sekarang mereka membuat mobil yang segera akan merangsek pula pasar dunia. Konon, China menggunakan ilmu 'tiru' paling sederhana. Preteli sebuah mobil atau motor itu sampai baut yang terakhir, lalu buat cetakan setiap bagian itu dan produksi. Jadilah motor, mobil, kereta dan apa saja. Itu adalah tahap awal. Setelah itu pikirkan dan kembangkan. Modifikasi supaya lebih baik. Ilmu yang juga dipraktekkan Jepang di awal-awal tahun industrialisasi mereka dulu. Hanya, China sekarang melakukannya dengan bantuan peralatan teknologi yang sudah maju, tidak perduli dari mana asal teknologi itu.

Dan karena duit banyak. Cadangan devisa melimpah, mereka mulai pula membenahi tentaranya. China akan membelanjakan 92 milyar dollar tahun ini untuk memperbaiki peralatan perangnya. Nah! Biaya itu bisa membuat kekuatan yang bukan main dahsyatnya. Mereka akan membangun dua buah kapal induk berukuran 60.000 ton. Dua sekaligus karena biayanya hanya beberapa milyar dollar saja. Mereka membangun kapal selam canggih. China sudah berhasil membuat pesawat siluman J-20 menyaingi pesawat F-22 Amerika. Pesawat yang mampu mengelabui radar dan punya kemampuan menyerang yang menakutkan. Kemampuan yang sangat mencemaskan Amerika.  

China diramalkan segera akan mengalahkan Amerika di segala bidang. 

Aku terkagum-kagum. Dan juga cemas. Apakah setelah nyata-nyata setara di bidang teknologi dan kekuatan dengan Amerika, kedua kekuatan itu akan tetap akur-akur saja di masa depan? 

*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar