Senin, 16 Mei 2011

Libur Panjang Tergijau......

Libur Panjang  

Ada yang aneh dan agak lucu. Aku menerima sms yang mengatakan bahwa hari Senin tanggal 16 April 2011 adalah hari libur bersama yang akan dipotong nantinya dari hari-hari cuti. Aturannya sih biasa seperti yang selalu terjadi selama ini untuk apa yang disebut sebagai libur bersama. Yang agak lucu adalah karena hal itu diberitahukan hari Sabtu sore via sms. Apakah ini maksudnya menghindari agar masyarakat tidak berbondong-bondong mudik seperti biasanya setiap kali ada long week end? Entahlah. Terasa agak aneh dan sayang karena kalau baru hari Sabtu sore masyarakat pencinta mudik bereaksi untuk menyalurkan hasrat mudiknya, mungkin sudah agak terlambat. 

Agaknya dugaanku tidak terlalu tepat. Berita tv menyebutkan bahwa terjadi kesibukan di stasiun dan di jalan raya (tol) dengan berbondong-bondongnya orang meninggalkan Jakarta. Ternyata masyarakat  negeri ini benar-benar asli penikmat liburan. Dan liburan yang dilewatkan di kampung atau paling tidak di luar kota. 

Dan aku sendiri? Apa pulalah artinya libur panjang yang hanya tiga atau empat hari itu bagiku. Aku baru saja melewatkan libur panjang tiga setengah tahun. Jadi aku tidak kemana-mana. Cukuplah beristirahat di rumah saja.

Hanya, keputusan atau pengumuman libur bersama yang terlambat itu memang terasa agak aneh. Ini bukan komentarku saja. Termasuk komentar mantan wakil presiden Yusuf Kalla. Dia bilang, ya mbok kalau mau libur bersama diumumkan jauh-jauh hari sebelumnya. Agar masyarakat bisa membuat rencana yang tidak dadakan. Mungkin benar juga apa yang beliau katakan. Tapi, meski diumumkan secara tergijau (=terburu-buru) yang menikmatinya untuk bepergian tetap saja banyak.

Iyalah..... Bon long week-end.....


****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar