Selasa, 26 Februari 2013

Tadarus

Tadarus 

Tadarus maksudnya adalah membaca al Quran secara begantian oleh beberapa orang, halaman demi halaman. Biasa juga disebut 'ain demi 'ain. 'Ain ini (dengan huruf arab) adalah tanda di al Quran sebagai pembatas beberapa ayat.  Biasanya dilakukan oleh beberapa orang jamaah di mesjid. Tadarus ini lebih populer di bulan Ramadhan, yang dikerjakan sesudah selesai shalat tarawih. 

Di mesjid di komplek kami tadarus di bulan Ramadhan itu selalu dilaksanakan dari tahun ke tahun. Pesertanya ada bebarapa kelompok. Kelompok bapak-bapak, kebanyakan yang sudah berumur di atas 50 tahun. Lalu kelompok ibu-ibu dan kelompok remaja. Sampai malam ke duapuluh kami bertadarus sampai menyelesaikan satu juz setiap malam. Lalu pada sepuluh malam terakhir bisa sampai lima - enam juz setiap malamnya. Ada beberapa orang jamaah mesjid yang selalu rajin bertahan di mesjid di malam-malam terakhir Ramadhan.

Dari kelompok bapak-bapak itu tidak semua lancar membaca al Quran. Ada yang masih pemula. Masih terbata-bata bacaannya, berbaur saja panjang dengan pendek, bertukar-tukar bunyi huruf. Tapi semangat mereka bolehlah. Namun sayangnya, kebanyakan dari beliau-beliau ini hanya mengaji di bulan puasa saja. Karena dari tahun ke tahun tidak banyak perubahan. Masih tetap terpeloh-peloh

Sejak beberapa bulan yang lalu, kami lakukan pula tadarus di luar Ramadhan sekali seminggu, setiap malam Jum'at. Tujuannya untuk melatih dan memperbaiki bacaan bagi yang masih belum lancar.   

Di tempat aku bekerja sekarang, kami juga bertadarus setiap hari Senin sesudah shalat zuhur. Meski pesertanya tidak banyak, hanya sekitar delapan orang saja. Dan di kantor itu ada seorang ustadz, hafidz al Quran yang memimpin tadarus. 

Mudah-mudahan kita sanggup meningkatkan keakraban dengan al Quran..... 

*****                          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar