Jumat, 06 September 2013

Penyakit Apa Pula Ini?

Penyakit Apa Pula Ini?

Yang namanya penyakit.... Datangnya tanpa diduga-duga. Apa lagi di saat usia sudah semakin bertambah juga. Pertengahan bulan puasa yang lalu aku mengalami sakit yang agak aneh, yang belum pernah aku alami sebelumnya. Tulang kaki kiri, terasa ngilu dan kadang-kadang berdenyut sakit. Sakitnya lebih terasa ketika berdiri terlebih-lebih di saat rukuk dalam shalat. Jadi kalau rukuk, kaki kiri itu harus agak ditekuk, untuk mengurangi rasa sakit.

Aku berkonsultasi dengan tiga orang dokter kenalan melalui telepon, tapi tidak datang ke tempat praktek dokter. Entah kenapa, aku memang agak malas datang ke praktek dokter. Dua dari dokter yang aku minta pendapatnya itu menganjurkan agar aku memeriksa darah. Dan aku diberitahu obat yang harus diminum. Angsuran atau perubahan penyakit itu sangat lama. Rasa nyerinya berkurang tapi sakitnya menular ke kaki kanan. Dokter ketiga mengira bahwa aku menderita sebangsa flu tulang. Dia menganjurkan agar aku banyak beristirahat saja. Penyakit seperti itu perlu kesabaran karena biasanya bertahan agak lama. Teori yang terakhir ini rasanya paling mungkin. AC di kendaraanku sangat terasa bertiup ke arah kaki dan aku biarkan saja. Boleh jadi itulah penyebabnya.

Meski agak terpincang-pincang aku masih bisa tetap beraktifitas seperti biasa. Ternyata memang lama penderitaannya. Sampai minggu pertama hari raya, masih ada rasa nyeri meski sudah jauh berkurang. Aku sudah bisa rukuk dengan posisi kaki normal dalam shalat.

Belum hilang tuntas penyakit nyeri kaki itu, datang lagi penderitaan baru. Masih di kaki juga. Aku merasa kesemutan luar biasa di kedua kaki, mulai dari telapak kaki sampai ke paha kalau bangkit dari duduk. Baik ketika bangkit dari duduk di tikar ataupun duduk di kursi. Anehnya, kalau berdiri malahan hilang kesemutannya. Sepertinya aliran darah di tubuhku tidak lancar setiap kali bangkit dari duduk. Sempat juga bertanya ke engku Google tentang urusan kesemutan ini. Keterangan dan jawabannya ada yang agak mengerikan. 

Aku tetap saja masih malas untuk mengunjungi dokter. Mungkin besok-besok harus dipaksakan untuk periksa darah. Hanya repotnya, besok akan pergi bertugas pula ke luar daerah. Sementara ini dicoba dulu saja minum obat yang disarankan dokter. 

Entah penyakit apa pula ini......

*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar