Jumat, 03 Januari 2014

Tiga Puluh Tiga Bulan

Tiga Puluh Tiga Bulan

Akhir bulan Agustus tahun 2007, aku pensiun di Total Indonesie, tempat aku bekerja selama dua puluh delapan tahun. Ada tawaran basa basi ketika itu dari atasanku orang Perancis, untuk tetap bekerja sebagai karyawan kontrak untuk setahun dua tahun. Tawaran itu aku tolak baik-baik. Lebih dari 30 tahun bekerja rasanya sudah cukup. Lalu aku melalui masa pensiun itu dengan tenang, bermain dengan cucu-cucu, yang ternyata dapat merupakan kenikmatan tersendiri.

Waktu berjalan seperti biasa. Satu tahun, dua tahun, tiga tahun berlalu tanpa terasa. Di pertengahan tahun ke tiga ada teman mengajak bekerja di sebuah perusahaan perminyakan swasta nasional. Aku datang menjajagi kemungkinannya. Artinya kami berunding tentang gaji. Awalnya aku tidak terlalu mempermasalahkan ketika kawan yang menawarkan pekerjaan itu menyebutkan jumlah pembayaran yang akan aku dapat kalau tawaran itu aku terima. Ternyata setelah diajukan ke bagian personalia, angkanya jauh dibawah yang disebutkan sebelumnya. Jelas aku tolak.

Beberapa bulan kemudian di pertemuan berkala mantan karyawan Total Indonesie, aku bertemu dengan seorang teman ex eksplorasi yang sekarang bekerja di perusahaan swasta nasional lain. Dia meminta nomor hp. Beberapa hari kemudian dia menelpon, mengajak bekerja di perusahaan tempat dia bekerja sekarang. Aku menanggapi santai saja. Aku diundang datang ke kantornya untuk ngobrol-ngobrol. Rupanya dia serius sekali, mengatakan bahwa dia memerlukan bantuanku.

Aku menyanggupi. Tapi ternyata awalnya tidak mudah. Karena dia harus minta persetujuan BPMigas (sekarang SKKMigas) yang pada mulanya tidak setuju. Alasannya karena aku sudah pensiun dan idle selama tiga tahun. Bagiku tidak ada masalah seandainya memang tidak jadi. Tapi ternyata akhirnya diperbolehkan.

Maka sejak akhir Maret 2011 aku mulai bekerja, diikat dengan sebuah perjanjian kerja yang akan berlaku untuk sepuluh bulan sampai satu tahun. 

Rupanya memang ada sesuatu yang harus dibenahi di sana. Suatu jenis kumpulan data yang 'hilang' karena perusahaan tersebut telah berkali-kali pindah tangan alias berganti pemilik. Aku segera terlibat dalam hari-hari yang sibuk. Bekerja seperti biasanya, masuk jam setengah delapan dan pulang jam setengah lima sore. Kembali berenang dalam waktu yang mengalir seperti biasa. Dalam pekerjaan rutin, rapat-rapat, kunjungan-kunjungan kerja. 

Tanpa terasa tiga puluh tiga bulan berlalu, dari rencana mula-mula yang hanya dua belas bulan. Karena volume yang akan dikerjakan memang lebih banyak. Karena ada beberapa daerah kerja perusahaan tersebut. Tapi bagaimanapun, pekerjaan itu akhirnya selesai juga. Sampai akhir Desember kemarin, dengan perjanjian kerja yang terakhir. Sebenarnya mereka masih memerlukan tenaga dan bantuanku kalau mereka melakukan pengeboran. Tapi pekerjaan ini sementara waktu masih tertunda dan belum tahu bila akan direalisasikan.

Dan aku akan kembali santai setelah cukup sibuk selama hampir tiga tahun terakhir.


*****                  

1 komentar:

  1. Mrs Veronica khusus pinjaman rumah adalah meyakinkan dan dapat diandalkan pemberi pinjaman pinjaman yang kompeten, berpengalaman dan bersertifikat profesional di keuangan lender, yang fokus pada keberhasilan Anda. Tujuan kami adalah untuk memberikan solusi terbaik dalam bidang layanan pinjaman untuk klien kami. Kami memberikan instan persetujuan, ada jaminan, rendah harga, kami menyediakan semua jenis pinjaman 2%. Jangan biarkan kesempatan ini berlalu. Jika tertarik, hubungi kami melalui email di: specialloanhouse111@gmail.com

    BalasHapus