Minggu, 29 November 2009

Undangan

29 November 2009

Hari Minggu siang kemarin kami, aku dan istri, beserta si Sulung dan kedua cucu kembar kami pergi menghadiri undangan pernikahan di Balai Sudirman. Undangan pernikahan anak dari orang Koto Tuo, orang sekampungku. Sebuah perhelatan bernuansa Minang, tentu saja. Meriah pesta itu dan banyak undangannya. Yang menarik bagi kami adalah bahwa kateringnya adalah Kaparinyo, katering yang juga kami gunakan waktu menikahkan si Sulung empat tahun yang lalu dan si Tengah bulan Juli yang lalu. Berbeda memang, menikmati makanan di tempat kita hadir sebagai tamu dengan di tempat ketika kita adalah tuan rumah. Ketika jadi tuan rumah, kita sudah terlanjur kenyang menyalami para tamu. Akhirnya baru punya kesempatan makan setelah tamu usai, setelah badan terasa letih dan lapar sepertinya telah berlalu. Sedangkan di saat jadi tamu kita dalam keadaan santai.

Kami memang harus bersantai-santai makan karena ada dua serdadu kecil berumur tiga setengah tahun bersama kami, yang tidak pernah berhenti bergerak. Si Sulung bekerja keras mengurus dan mengawasi anak kembarnya. Aku dan istriku menikmati hidangan perhelatan itu, yang memang boleh dipuji. Sedang kami makan sambil berdiri (sebuah keterpaksaan yang sangat tidak aku sukai), melintas mbak Lela penanggung jawab Kaparinyo. Dia senang sekali bertemu dengan kami di pesta ini dan langsung merekomendasikan untuk mencoba yuanglo. Bukan sekedar merekomendasikan, tapi menyuruh anak buahnya mengambilkan dua porsi untuk kami. Kami menikmatinya, sambil istriku berkali-kali memelototiku karena dalam mangkok yuanglo itu ada beberapa ekor udang sebesar kelingking yang sangat menyelera. Dia khawatir udang itu akan segera menekan tombol asam urat di tubuhku yang memang biasanya sangat peka. Aku tidak tahan untuk tidak mencicipi yuanglo, setelah udang-udang kecil itu aku pindahkan ke mangkok istriku. Dia masih mengingatkan agar tidak menyeruput kuahnya yang juga bisa mengakibatkan asam urat segera naik.

Mbak Lela menemani kami makan sambil bercerita bahwa di antara hidangan juga ada pondok nasi Kapau. Aku hanya tersenyum. Rasanya sesudah semangkok bakso, sedikit nasi dari meja prasmanan dan semangkok besar yuanglo ini perutku sudah kewalahan. Istriku begitu mendengar nasi Kapau, segera mengerem tarikan sendok yuanglo ke mulutnya.

Kami berpisah dengan mbak Lela dan kembali ke tempat si Sulung kami tinggalkan sebelumnya. Ternyata dia sudah tidak ada disitu. Aku berdiri menunggu sambil mencari-carinya dengan pandangan. Istriku yang berdiri dekat adikku yang sedang menghadapi piring nasi Kapau, bertambah tidak sanggup menahan dirinya. Mangkok yuanglo di-stand by-kannya dan dia pergi mencari nasi Kapau. Untunglah Yuanglo itu akhirnya diserahterimakan ke si Sulung.

Kami benar-benar menikmati makan siang Kaparinyo di tempat baralek kemaren itu.

Alhamdulillah, sementara ini asam urat aman-aman saja.

*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar