Minggu, 19 Agustus 2012

Peringatan-peringatan Allah

Peringatan-peringatan Allah

Perhatikanlah! Betapa Allah memberi kita peringatan setiap saat. Agar kita sadar dengan diri kita sendiri sebagai hamba Allah. Allah yang memberi kita kehidupan. Allah yang memberi kita serba fasilitas untuk mengharungi hidup, terlepas dari apakah kita mau dan bijak memanfaatkan fasilitas yang diberikan Allah tersebut. 

Peringatan Allah melalui waktu. Demi waktu. Sesungguhnya manusia itu dalam kerugian. Kecuali mereka yang beriman. Yang saling berwasiat atas kebenaran. Yang saling berwasiat atas kesabaran. Seberapa perdulikah kita dengan perjalanan dan merambatnya waktu itu? Seberapa besarkah perhitungan kita untuk diri sendiri dengan perjalanan waktu itu? Yang secara nyata juga meninggalkan bekas yang nyata di sekitar kita. Bahkan di dalam diri kita? Hari demi hari berlalu. Pekan demi pekan. Bulan demi bulan. Tahun demi tahun. Ramadhan demi Ramadhan. Aidil Fitri demi Aidil Fitri. 

Sering kita terkesima. Cepatnya waktu berlalu. Tahu-tahu sudah bulan puasa lagi. Tahu-tahu sudah berhari raya lagi. Tahu-tahu..... sudah bertambah banyak rambut putih di kepala. Tahu-tahu (diperhati-perhatikan), sudah mulai berkerunyut kulit di badan. Sudah mulai bergelambir di sisi dagu. Sudah mulai berkantung di bawah mata. Dibawa berkaca, kadang-kadang pangling kita. Wajah di dalam kaca itu jelas tidak seperti dulu lagi. Sudah kendur ke mana-mana. Sudah kendur di mana-mana. 

Itu semua adalah peringatan Allah. Peringatan Allah di dalam tubuh kita sejalan dengan pergeseran waktu. Adakah kita mengambil pelajaran? Allah peringatkan kita agar kita jangan sampai lupa. Allah peringatkan agar kita sadar dan ingat bahwa kita ada di bawah pengawasan-Nya, dan kita tidak mempunyai daya atau kekuatan apapun kecuali dengan izin-Nya semata. Agar kita jangan berobah menjadi takabur dan sombong. Agar kita jangan melupakan Allah. Karena kalau sampai demikian (sampai kita melupakan Allah), Dia akan menjadikan kita lupa pada diri kita sendiri dan jadilah kita menjadi orang yang fasik.  Wa laa takuunu kalladziina nasulLaaha faansaahum anfusahum...  (Al Hasyr (59) ayat 19). 

Namun. Seandainya kita melalui fasa berkulit berkerinyut. Fasa rambut semakin memutih. Fasa ketuaan mulai semakin menggerogot. Lalu kita sadar. Mudah-mudahan ini pertanda baik. Mudah-mudahan kita masih berkesempatan untuk mendekatkan diri kita kepada-Nya di sisa-sisa usia kita yang sudah semakin sedikit. Karena ada dan banyak juga mereka yang tidak melalui fasa itu. Masih muda dan kelihatan perkasa tapi ditarik Allah dari peredaran. Bahkan yang masih kanak-kanak sekalipun. Mumbang jatuh - kelapa jatuh.

Marilah kita lebih seksama membaca peringatan demi peringatan Allah. Kadang-kadang Allah bahkan menegor kita lebih keras. Kadang-kadang kita diuji dengan ujian yang berat. Sangatlah penting arti kesadaran kita. Kesadaran tentang siapa kita. Dari mana kita. Dan akan kemana kita. Wahai orang-orang yang beriman! Bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan bekal apa yang sudah dipersiapkannya untuk hari esok. Bertaqwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu lakukan. (Al Hasyr ayat 18). 

Taqabbalallahu minna wa minkum - taqabbal yaa kariim......

*****                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar