Selasa, 01 Maret 2011

Lebay

Lebay (berkelebihan)

Tidak terlalu jelas dari mana asal kata ini. Anak-anak muda sekarang fasih benar mengucapkannya. Penulisannya kadang-kadang ada pula sedikit variasi. (L'baay.... Le-bays....). Artinya konon berlebihan. Melebih-lebihkan sesuatu sehingga jadi tidak proporsional lagi. Aneh memang kenapa mesti lebay ungkapannya. Padahal kalau di kampungku lebai (pakai 'i') mempunyai makna lain. Lebai adalah orang yang akrab dengan kegiatan surau atau mesjid pada posisi yang tidak terlalu penting. Artinya dia bukan imam mesjid, bukan pula khatib Jum'at. Mungkin seorang petugas kebersihan dan keamanan surau. 

Biar kita lanjutkan dulu sedikit cerita tentang lebai (pakai 'i') ini. 

Ada sebuah kisah yang judulnya Lebai Malang. Suatu ketika engku Lebai ini diundang menghadiri kenduri. Untung peruntungan sedang elok-eloknya sekali dua undangan datang. Yang satu dari surau di Hilir dan yang lain dari surau di Mudik. Kedua-duanya di aliran sungai yang sama. Waktu kenduri sama-sama ba'da isya. Dan terdengar pula berita bahwa yang di mudik memotong dua ekor kambing sementara yang di hilir  hanya memotong satu ekor. Engku Lebai  berpikir keras mana yang elok didatangi terlebih dahulu. Setelah dipikir bolak-balik akhirnya diputuskannya untuk pergi ke surau di Mudik lebih dahulu. Di sana dia akan makan gulai kambing lebih leluasa. Lagi pula bukankah sesudah itu dia tinggal santai saja berhanyut-hanyut ke hilir untuk menghadiri jamuan di surau di Hilir.

Itulah yang dilakukannya. Sesudah selesai sembahyang isya dia berkayuh ke mudik. Nasib kurang baik air sungai sedang deras-derasnya karena rupanya hujan lebat di hulu. Dengah peluh bercucuran karena bekerja keras mendayung akhirnya dia sampai juga di tujuan. Namun apa hendak dikata, perjamuan sudah usai. Para tamu sudah meninggalkan surau. Didatanginya juga dapur, berharap kalau-kalau masih ada yang tersisa. Semua belanga sudah ditelungkupkan sehingga kuah gulaipun tidak tersisa sedikit jua lagi.

Sambil mengurut dada, engku Lebai kembali ke sampannya dan meninggalkan tempat itu. Berhanyut-hanyut ke hilir sangatlah mudah dan dia tidak perlu lagi mendayung. Cukup menjaga agar sampan tidak tersekat ke tepi sungai. Sampailah dia di surau di Hilir. Begitu sampan ditambatkan dan mulai melangkah ke surau tempat kenduri, tiba-tiba lampu strongkeng di surau itu dipadamkan orang. Karena memang sudah tidak ada lagi yang tinggal di dalam selain penjaga surau. Perhelatan sudah lama selesai. Engku Lebai yang malang sekali lagi mengurut dada. Dan kali ini deritanya bertambah dengan pekerjaan mendayung di air deras ke rumahnya dalam keadaan perut kosong. Begitulah kisah si Lebai Malang.

Lalu..........
  
Ada ketua sepak bola yang mengatakan dia tetap ngotot untuk jadi ketua lagi karena....... Ada orang yang mengancam akan membunuhnya. Lha.... Ini cerita apa? Masak jadi ketua pengurus bal-balan saja mesti berurusan dengan ancaman pembunuhan? Siapa yang mengancam? Apa perlunya mengancam? Lalu kalau diancam kok masih mau nekad juga mau jadi ketua lagi? Dan lalu minta perlindungan pula ke wakil-wakil...... (wakil siapa ya???). Cerita ini memang terkesan lebay (kali ini pakai 'y').

*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar