Selasa, 24 November 2009

Qurban

25 November 2009

Saat ini hujan rintik-rintik di luar. Tadi waktu pegi dan pulang dari masjid untuk shalat subuh sudah mulai gerimis. Hujan-hujan.....

Kenapa judulnya qurban?

Ketika membuka komp pagi ini, ada sebuah email dari kawan di Toronto. Kemarin dia bertanya, apa bisa dia menitip-belikan kambing untuk qurban di Masjid Al Husna. Tentu saja bisa, tidak ada masalah. Barusan dia beritahu bahwa uang untuk beli kambing sudah ditransfernya. Dan insya Allah aku akan pergi membelikan kambing untuknya pagi ini. Nanti, insya Allah kalau hujan sudah reda.

Sedang membaca-baca email, telepon berdering. Dari seorang jamaah masjid yang sama-sama jadi panitia qurban. Dia memberi tahu bahwa barusan, sesudah shalat subuh ada seorang jamaah lagi yang ingin berqurban seekor sapi untuk sekeluarganya. Dan itu akan menjadi sapi ke tigabelas.

Gairah berqurban di kompleks kami ini sungguh menggembirakan. Kompleks dua ratusan rumah yang 90% Muslim. Benar-benar perlu disyukuri. Jumlah hewan qurban yang kami potong meningkat dari tahun ke tahun. Tahun lalu sebelas ekor sapi dan tiga puluhan ekor kambing. Tahun ini sapinya (sementara ini sudah) tiga belas.

Untuk tahun ini mulanya kami berqurban atas nama tiga keluarga. Keluargaku dan keluarga kedua anak-anak yang sudah berumah tangga. Rupanya istri ingin pula ikut berqurban atas namanya sendiri. Si Bungsu ingin pula berqurban atas namanya sendiri. Itu yang kemarin kami beli, tiga ekor kambing, satu di antaranya atas nama keluarga si Sulung. Tadinya, yang tiga ini juga ingin berqurban sapi. Aku sudah mendaftarkan ke kawan yang panitia yang barusan menelpon. Tapi sampai kemarin pagi, sapi ke tiga belas itu baru diminati oleh 5 orang, masih kurang dua orang lagi. Dan dua orang tambahan sudah semakin sulit mencarinya karena yang biasa berqurban sudah hampir semuanya terdaftar. Sehingga akhirnya, kami putuskan untuk mencari kambing, tidak jadi ikut qurban sapi.

Dan telepon tadi itu untuk memberitahuku, bahwa jadi juga ada sapi ke tigabelas.

****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar