Kamis, 20 Maret 2014

Ramuan Obat

Ramuan Obat

Dengan umur di atas enam puluh tahun, lalu ada bagian-bagian dalam tubuh yang sakit, yang menjadi aus adalah suatu keniscayaan. Sudah merupakan ketetapan Allah. Ketika usia beranjak tua, satu persatu nikmat dikurangi Allah. Ada yang perlahan-lahan ada yang tiba-tiba dalam waktu singkat. Namun, kita tentu tidak boleh pasrah saja. Ketika diuji dengan penyakit, wajib pula hukumnya berikhtiar untuk berobat.  

Sejak beberapa waktu terakhir aku mengalami kaku dan ngilu di kaki dan di persendian jari. Tadinya aku pikir masih jenis dari asam urat, penyakit yang sudah cukup lama aku idap, tapi sejak dua tahun terakhir alhamdulillah banyak berkurang. Atau jangan-jangan reumatik? Dari diskusi dan konsultasi dengan beberapa orang dokter, ada satu pertimbangan yang sangat mengena di pemikiranku. Adalah wajar, kata seseorang itu, di usiaku sekarang ini, aliran darah dalam tubuh sudah mulai mengalami gangguan sehingga tidak lancar. Solusinya, bagaimana menjadikan aliran darah tersebut bisa lebih lancar.      

Dalam diskusi ketika menanti hujan teduh di mesjid, seorang jamaah bercerita bahwa dia sedang meminum jus campuran dari 5 macam bahan. Bahan-bahan tersebut adalah jahe merah, bawang putih, jeruk lemon, cuka apel dan madu. Manfaatnya, kata jamaah ini, untuk memperlancar aliran darah. Dan dia merasakan khasiatnya. Dia bahkan menawarkan sedikit sample untuk dicoba.

Alhamdulillah, memang cukup terasa kebaikannya. Ngilu-ngilu di kakiku jadi berkurang. Dan setelah itu aku mencoba pula membuatnya sendiri. Tapi cuka apel aku ganti dengan apel muda Malang. 

Sekarang aku rutin meminum jus campuran ini satu sendok makan setiap hari. Mudah-mudahan bermanfaat, dengan izin Allah, untuk memperlancar aliran darah.  

****                      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar