Senin, 18 Februari 2019

Sadar Bahwa Sudah Tua

Sadar Bahwa Sudah Tua

Seorang teman mengeluh bahwa ternyata sudah banyak yang hilang atau berkurang pada dirinya. Tenaga sudah tidak seperti dulu lagi, kesehatan sudah semakin rapuh, dan... penampilan tubuhnya sudah semakin tua... Pada saat yang sama dia teringat tentang keperkasaannya dulu. Dulu dia seorang olahragawan bertubuh atletis. Sampai suatu saat dia diperingatkan dokter bahwa dia mengidap penyakit gula, ketika usianya masih sekitar empat puluhan akhir. Dia berusaha untuk mengendalikan selera makannya sejak saat itu yang alhamdulillah sangat membantu untuk menjaga kesehatannya.

Apa yang dirasakannya sebenarnya adalah sesuatu yang biasa-biasa saja, yang sangat umum dialami oleh kebanyakan orang. Di usia menjelang tujuhpuluh tahun, lalu terasa banyak yang sudah hilang dari kesanggupan tubuh kita adalah sesuatu yang wajar. Karena memang seperti itu yang sudah ditetapkan Allah sebagaimana firmannya dalam surat Ar Ruum ayat 54; 'Allah yang telah menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian menjadi kuat, kemudian menjadi lemah dan beruban,,,,'

Kita terlahir dalam keadaan lemah tak berdaya. Lalu dijadikan Allah kuat dan bertenaga sampai usia tertentu, dan setelah itu dijadikan Allah kembali lemah sebelum akhirnya kita dikembalikan kepada Nya. Seperti itu siklus kehidupan rata-rata manusia. 

Justru pada saat menyadari bahwa kita sudah mulai dijadikan lemah oleh Allah seharusnya kita sadar bahwa kita sudah makin mendekati garis finish. Maka seyogianya semakin ditingkatkan persiapan untuk menghadap Allah. Diperbanyak amal shalih. Tidak usah dikenang dan dikhayalkan juga keperkasaan di masa lalu, yang sekarang sudah jauh tertinggal dalam kehidupan kita. 

****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar