Selasa, 27 Februari 2018

Kunjungan Dan Rapat Pengurus Yayasan Syekh Ahmad Khatib

Kunjungan Dan Rapat Pengurus Yayasan Syekh Ahmad Khatib 

Rapat pengurus tahunan yang sempat tertunda beberapa tahun terakhir, karena segala sesuatu sepertinya berjalan sangat baik-baik saja di Ma'had Syekh Ahmad Khatib, akhirnya dilaksanakan pada tanggal 26 Februari kemarin. Pada kesempatan ini, kami dewan pembina Ma'had pulang kampung ke Koto Tuo - Balai Gurah untuk menghadiri rapat tersebut. Alhamdulillah bersama kami ikut ustad Rahmat Abu Bakar, pendiri dan pembina Pesantren An Nahl, yang pondoknya ada di beberapa tempat seperti di Bogor dan Bekasi. Ustadz Rahmat adalah seorang motivator yang dakwahnya selalu sangat menarik, mengajak jamaahnya untuk berislam dengan istiqamah dan bercita-cita tinggi untuk mendapatkan keridhaan Allah, sukses di dunia dan akhirat. Beliau biasa memberikan taushiah bulanan di mesjid komplek tempat tinggalku.

Kami berangkat hari Jum'at tanggal 23 Februari. Karena ketatnya jadwal kegiatannya, ustadz Rahmat hadir di Koto Tuo satu malam saja, dan beliau harus kembali ke Bekasi hari Sabtu sore. Namun dalam kunjungan singkat tersebut beliau sempat memberikan ceramah dua kali di Ma'had Syekh Ahmad Khatib, yaitu ba'da maghrib hari Jumat dan dari jam sepuluh sampai jam dua belas siang di hari Sabtu. Ba'da subuh, beliau juga menyampaikan taushiah di mesjid Darussalam Koto Tuo. 

Beliau berbagi pengalaman tentang pembinaan pesantren An Nahl, yang usia pesantren tersebut relatif masih muda tapi sudah mendapat pencapaian yang sangat baik. Ceramah beliau yang menggunakan slide peraga disertai penyampaian yang lugas dan teratur, didengarkan para santri Ma'had Syekh Ahmad Khatib dengan tekun. Kami berharap dapat meniru langkah-langkah positif yang diterapkan An Nahl dalam mengembangkan kemampuan setiap santri sesuai dengan bakat mereka masing-masing, di samping tugas rutin mereka menghafalkan ayat-ayat al Quran.  

Rapat pengurus yang tadinya direncanakan hari Ahad akhirnya ditunda menjadi hari Senin malam. Rapat kali ini untuk memantapkan kepengurusan Yayasan, membuat rencana kerja untuk tahun-tahun mendatang. Masih sangat banyak yang harus dikerjakan untuk kesempurnaan sarana dan parasarana sekolah ini. Di samping asrama santri yang harus dibangun bertahap, sudah perlu pula dipikirkan untuk membangun ruang makan santri dan ruangan khusus serba guna untuk menyambut tamu-tamu, yang kadang-kadang menginap satu - dua malam. 

Pembinaan bakat para santri yang sebenarnya sudah pernah diawali namun terhenti, direncanakan akan diaktifkan kembali dengan penanganan dan bimbingan para ustadz. Untuk pembinaan bakat ini rencananya akan dibuat unit perikanan (kolam ikan), pertanian (memanfaatkan lahan di dalam komplek Ma'had), pertamanan, pertukangan. 

****           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar