Jumat, 07 September 2012

Istiqamah

Istiqamah

Dua hari yang lalu aku mendengar ceramah di tempat kerja. Ceramah seperti ini dilakukan setiap hari Rabu siang, kecuali selama Ramadhan, diganti dengan ceramah setiap hari kerja kecuali hari Jum'at. Inti ceramah kemarin itu adalah tentang istiqamah.

Kita telah berlatih selama sebulan penuh untuk bersungguh-sungguh mendekatkan diri kepada Allah. Selama sebulan itu kita teratur beribadah. Di samping berpuasa, kita lebih banyak bersedekah, mendengar ceramah, membaca al Quran. Dan kita biasanya menjaga pula shalat kita. Kita berusaha untuk shalat di awal waktu dan berjamaah dan di mesjid. Biasanya mesjid jadi lebih makmur di bulan Ramadhan. 

Sayangnya, pada kebanyakan orang, kesungguh-sungguhan itu dibatasi hanya untuk selama bulan Ramadhan saja. Begitu Ramadhan selesai, mereka kembali seperti dulu. Kembali sekedarnya saja dalam beribadah. Terutamanya dalam memelihara shalat. Tidak terlihat lagi dia datang di awal waktu. Atau bahkan tidak terlihat lagi dia hadir di mushala atau di mesjid untuk shalat berjamaah. 

Akan sangat sayang sekali kalau kita tidak mampu untuk istiqamah. Kalau kita tidak berusaha memelihara kesungguh-sungguhan dan keberhati-hatian dalam beribadah di luar bulan Ramadhan. Pada hal kegiatan di bulan Ramadhan itu seharusnya diibaratkan sebagai sarana latihan. Setelah kita berlatih dengan baik, kita harus mampu tampil lebih baik lagi.

Ustad yang berceramah kemarin itu mengingatkan tentang firman Almlah dalam surah Hud (11) ayat 112 yang artinya; 'Maka tetaplah (istiqamahlah) engkau (Muhammad) pada jalan yang benar sebagaimana diperintahkan kepada engkau dan begitu juga orang yang telah taubat bersama engkau dan janganlah engkau melanggar batas. Sesungguhnya Dia Maha Melihat apa yang engkau kerjakan.'  

KIta tentu tahu bahwa beribadah kepada Allah, termasuk mengerjakan shalat di awal waktu, dengan berjamaah, dilakukan di mesjid adalah diperintahkan oleh Allah. Kita coba melatih diri kita mengerjakannya di bulan Ramadhan. Dan dari ayat di atas, Allah mengingatkan Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam dan umat beliau  untuk istiqamah. Untuk konsisten dan berkesinambungan dalam mematuhi perintah-perintah Allah. 

Mudah-mudahan kita mampu mempertahankan keistiqamahan itu dalam hidup kita. Aamiin.... 

*****            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar