Senin, 10 Juli 2017

Kedatangan Maut Berbanding Pencapaian Dunia

Kedatangan Maut Berbanding Pencapaian Dunia  

Kemarin pagi aku pergi melayat. Seorang teman sekelas waktu di SMA Bukit Tinggi meninggal dunia. Umurnya tentulah sama dengan umurku, sekitar 66 tahun. Usia yang sesuai dengan ramalan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam untuk umat beliau, antara enam puluh dan tujuh puluh tahun. Teman ini menderita sakit jantung, sudah dioperasi bypass beberapa bulan yang lalu, namun sejak saat itu tidak pernah sembuh sempurna. Begitu keterangan dari adik almarhum. Mudah-mudahan dia meninggal dalam husnul khatimah.

Aku seringkali tertegun di saat hadir melayat. Terbayang bahwa gilirankupun sudah semakin dekat. Meski hanya Allah saja Yang Maha Tahu, kapan giliranku akan datang. Ya Allah, mudah-mudahan Engkau matikan hamba dalam keadaan husnul khatimah.

Tanpa disengaja, terlirik juga pencapaian si mati. Ketika kita datang melayat ke rumah tempat tinggalnya. Terlihat rumahnya yang besar dan indah. Rumah yang tentu dibangun dengan biaya besar untuk dinikmatinya bersama keluarga. Entah berapa lama dia sudah menempatinya. Lalu dia harus meninggalkan itu semua. Bahagiannya sekarang hanya liang lahat berukuran sempit yang dimasukinya dengan pakaian beberapa lembar kain kafan. 

Akan seperti itu pulalah aku nanti, sebentar lagi. Meski aku tidak meninggalkan rumah besar dan indah, karena aku tinggal di komplek kampung. Pencapaian dunia tidak akan memberi jaminan apa-apa kalau kita tidak pandai-pandai menikmatinya dengan memperhitungkan keridhaan Allah. Baik dalam memperolehnya ataupun dalam memanfaatkannya. Pencapaian yang diiringi kesombongan dan ketakaburan tidak akan mendapat nilai di sisi Allah. 

Pencapaian dunia yang kita berjuang untuk memperolehnya, yang dengan izin Allah berhasil kita gapai, semua itu nanti akan jadi 'persoalan' yang harus kita jelaskan di hadapan Allah. Nanti, di akhirat sana. Sementara liang lahat yang kita masuki, adalah gerbang pertama menuju akhirat.....

****                                             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar