Rabu, 02 Juli 2014

Alhamdulillaah Dengan Yang Dicapai Ma'had Tahfidzul Quran YSAK

Alhamdulillaah Dengan Yang Dicapai Ma'had Tahfidzul Quran YSAK 

Ini cerita lanjutan tentang sekolah SMP Penghafal al Quran di Koto Tuo - Balai Gurah - Ampek Angkek - Bukit Tinggi. Berangsur-angsur, beranjak juga keadaannya ke arah yang lebih baik. Mudah-mudahan Allah izinkan demikian untuk seterusnya. 

Pertama dengan kelulusan santri kelas 3 dalam mengikuti Ujian Nasional. Tahun 2013/2014 ini yang ikut UN sebanyak 16 orang. Alhamdulillaah, semuanya lulus. Dengan nilai rata-rata kelulusan 7. Sebuah prestasi yang sangat pantas disyukuri. Dan sekolah ini semakin dikenal masyarakat insya Allah. 16 orang itu artinya tiga kali lipat dari jumlah yang ikut UN tahun sebelumnya. Bagaimana dengan hafalan al Quran mereka yang lulus tahun ini? Bervariasi dari yang paling rendah hanya 3 juz sampai yang paling baik, 11 juz. Rata-rata yang lain sekitar 7 - 8 juz. Kenapa ada yang cuma mampu 3 juz? Penyebabnya adalah karena waktu mereka diterima di sekolah ini tiga tahun yang lalu, mereka masih belum bisa membaca al Quran. Masih mengaji dengan kitab Iqra. Di samping tentu saja, ada perbedaan kesungguh-sungguhan masing-masing santri. Ada yang serius, ada yang agak santai-santai saja. 

Kemajuan lain adalah semakin 'menarik' nya sekolah ini di mata masyarakat yang perlahan-lahan mulai mengenalnya. Ini berkat usaha, terutama staf pengajarnya, memperkenalkan Ma'had Syekh Ahmad Khatib ke sekitar Sumatera Tengah (Sum-Bar, Riau, Jambi). Kalau tahun lalu kami menerima santri baru 22 orang, tahun ini yang dinyatakan lulus test (tahun ini kami melakukan seleksi penerimaan) mencapai 41 orang. Sekali lagi alhamdulillaah. 

Tahun ini pula insya Allah tingkat pendidikan SMA akan dimulai. Targetnya, dalam tiga tahun mendatang para santri itu akan mampu menghafalkan 20 juz. Bagi yang berminat, boleh tinggal setahun lagi di kelas takhasus untuk menyelesaikan hafalan 30 juz. Begitu niat kami. Mudah-mudahan Allah Ta'ala memberi kemudahan. 10 orang dari 16 orang yang baru lulus UN itu menyatakan niat mereka untuk ikut melanjutkan SMA di sini.

Ada tantangan lain bagi kami untuk menyiapkan tambahan ruangan baik untuk tempat tinggal maupun untuk tempat belajar. Dengan kemampuan yang ada atas izin Allah tantangan ini dihadapi pula. Saat ini kami sedang menambah dua buah lokal (ruang belajar) semi permanen. Dalam hitungan kami, dengan dua lokal tambahan itu mudah-mudahan kegiatan belajar tahun 2014/2015 bisa dijalani dengan baik.  Insya Allah.

****
                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar